Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

KPPBC Pontianak Tegah Methamphetamine 260 Gram

Jakarta, 24/09/2013 MoF (Fiscal) News – Petugas Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean (KPPBC TMP) B Pontianak menegah barang larangan, berupa Methamphetamine seberat 260 gram. Penindakan ini terjadi pada Senin (16/9) di Bandara Supadio Pontianak. Pelaku merupakan WNI yang menumpang pesawat dari Malaysia.

Dari pemeriksaan petugas, pelaku merupakan penumpang yang membeli tiket secara langsung (go show). Saat pemeriksaan badan dan barang bawaan, petugas menemukan benjolan keras di bawah perut tersangka. Untuk menutupinya, tersangka berkilah bahwa baru saja menjalani operasi, namun tidak dapat menunjukkan bukti keterangan medis mengenai pengakuan tersebut. Karena itu, petugas kemudian melakukan pemeriksaan badan mendalam (body stripping) dan kedapatan bungkusan kantong plastik yang disembunyikan di celana dalam tersangka.

Berdasarkan uji laboratorium, barang dalam bungkusan tersebut positif Methamphetamine, Tersangka dan barang bukti kemudian diserahkan kepada Kepolisian daerah Kalimantan Barat untuk pengembangan lebih lanjut.

Sesuai UU nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika tanggal 12 Oktober 2009, Methamphetamine merupakan kategori Narkotika Golongan I. Penyelundupan Narkotika Golongan I ke Indonesia adalah pelanggaran pidana sesuai pasal 113 ayat 1 dan 2, dengan ancaman pidana penjara paling lama 15 tahun penjara dan pidana denda paling banyak Rp10 miliar. Dalam hal barang bukti beratnya melebihi 5 gram pelaku dipidana dengan pidana mati, pidana seumur hidup atau pidana penjara paling lama 20 tahun dan pidana denda maksimum Rp10 Miliar ditambah 1/3. (fin)