Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

KPPBC Sintete Hibahkan Belasan Ton Sayuran Selundupan

Jakarta, 12/10/2016 Kemenkeu - Direktorat Jenderal Bea dan Cukai menghibahkan belasan ton sayuran yang diselundupkan oleh para pelintas batas dari Malaysia pada akhir September lalu. Penegahan tersebut sendiri merupakan kerja sama antara aparat Korem Sintang 121 ABW di Ledo dan Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean C Sintete.


“14 ton sayuran berupa bawang merah, kentang dan wortel telah dihibahkan ke panti asuhan, pesantren dan masyarakat kurang mampu di Kabupaten Sambas melalui Dinas Sosial, Tenaga Kerja, dan Transmigrasi Kabupaten Sambas,” jelas Kepala KPPBC Sintete Aris Sudarminto, seperti dilansir melalui laman DJBC pada Rabu (12/10).


Berdasarkan Border Trade Agreement RI-Malaysia bahwa para pelintas batas, mendapatkan fasilitas fiskal secara khusus untuk mendapatkan barang-barang kebutuhan pokok dari negara tetangga. Tetapi hal tersebut harus mendapatkan pengawasan lebih lanjut, sehingga fasilitas tersebut tidak disalahgunakan.


“Sayuran yang berhasil ditegah ini telah menjadi Barang Milik Negara dan telah dikoordinasikan dengan KPKNL Singkawang akan dihibahkan. Hal ini sesuai dengan Peraturan Menteri Keuangan nomor 62/PMK.04/2011 bahwa BMN dapat dihibahkan untuk kepentingan sosial, keagamaan, dan kemanusiaan,” tambahnya. (as)