Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

KPPBC Soekarno Hatta Gagalkan Penyelundupan Heroin Senilai 1,67 Miliar Rupiah

 

 

 

Jakarta, 26/02/10 MoF (Fiscal) News - Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) Bandara Soekarno Hatta berhasil menggagalkan upaya penyelundupan heroin seberat 668 gram senilai Rp 1,67 Miliar pada Kamis (25/02). Paket heroin yang dikemas dalam 62 butir kapsul tersebut dibawa seorang wanita berkewarganegaraan Indonesia dengan menggunakan pesawat dari Malaysia menuju Jakarta.  

Paket heroin tersebut dikemas dalam kapsul kecil dan diletakkan dalam laptop pelaku yang bernama Meta Berta (32). Di hadapan petugas Meta mengaku sebatas membawakan tas laptop seorang temannya dari Malaysia.

Dalam pengembangan operasi Tim Gabungan Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) dan Badan Narkotika Nasional (BNN) berhasil mengamankan seorang wanita bernama Tabita (28) yang berperan sebagai penjemput Meta di Bandara Soekarno Hatta. Selain Meta dan Tabita, Tim Gabungan juga mengamankan dua orang pria Warga Negara Asing yang diduga sebagai penerima paket heroin di salah satu apartemen di Jakarta Pusat.  

Pascapengungkapan heroin terbesar sepanjang dua tahun terakhir, KPPBC Bandara Soekarno Hatta langsung melakukan koordinasi lanjutan dengan BNN RI untuk pengembangan dan pengungkapan jaringan peredaran heroin tersebut. Keempat pelaku diduga merupakan anggota sindikat narkotika internasional. (mus)