Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

KPPBC Soekarno-Hatta Gagalkan Penyelundupan Methamphetamine dan Ketamine

Jakarta, 07/06/2013 MoF (Fiscal) News - Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) Tipe Madya Pabean Soekarno Hatta kembali berhasil melakukan penggagalan upaya penyelundupan narkotika jenis Methamphetamine dan sediaan farmasi jenis Ketamine dengan total estimasi nilai barang mencapai lebih dari Rp5 miliar.

Petugas berhasil menggagalkan penyelundupan Methamphetamine pada Senin (20/5) lalu di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang. Methamphetamine tersebut dibawa oleh seorang perempuan berkewarganegaraan China, penumpang pesawat China Southern Airlines rute Guangzhou–Jakarta. Modus yang digunakan oleh pelaku adalah dengan mengemas paket Methamphetamine menggunakan styrofoam yang dilapisi kertas karbon, dan menyembunyikannya dalam dasar travel bag. Total Methamphetamine yang dibawa pelaku seberat 2.102 gram bruto, dengan estimasi nilai barang mencapai Rp2.837.000.000.

Selain itu, petugas juga berhasil menggagalkan upaya penyelundupan Ketamine oleh dua orang laki-laki dan seorang perempuan warga negara Taiwan, ketiganya penumpang pesawat China Airlines rute Hongkong–Jakarta. Modus yang dilakukan oleh pelaku adalah dengan menyembunyikan Ketamine dalam sepatu yang mereka pakai, dengan berat total mencapai 2.188 gram bruto senilai kurang lebih Rp2.188.000.000.

Untuk penyelidikan dan pengembangan lebih lanjut,  tersangka dan barang bukti dari kedua kasus tersebut diserahkan kepada penyidik Polresta Bandara Soekarno Hatta.(wa)