Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

KPPBC Soetta Gagalkan Penyelundupan Sabu-Sabu Senilai Empat Miliar Rupiah

Jakarta, 15/07/2013 MoF (Fiscal) News - Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) Tipe Madya Pabean Soekarno Hatta kembali berhasil menggagalkan upaya penyelundupan narkotika jenis Methamphetamine (sabu-sabu) senilai sekitar Rp4 miliar pada Jumat (5/7).

Oleh pelaku, Methamphetamine seberat 3.060 gram tersebut disembunyikan dalam koper dengan cara dilapisi coklat dalam kemasan serta disembunyikan di dalam kotak elektronik. Pelaku sendiri adalah seorang laki-laki berkewarganegaraan Taiwan. Untuk penyelidikan dan pengembangan lebih lanjut,  tersangka dan barang bukti kasus tersebut diserahkan kepada penyidik Polresta Bandara Soekarno Hatta.

Sesuai Undang-Undang (UU) Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika, Metamphetamine merupakan kategori narkotika golongan I. Sesuai pasal 113 ayat (1) dan (2) UU tersebut, penyelundupan narkotika golongan I ke Indonesia adalah pelanggaran pidana dengan ancaman pidana penjara paling lama 15 tahun penjara dan pidana denda paling banyak Rp10 miliar. Jika barang bukti beratnya melebihi 5 gram, pelaku dipidana dengan pidana mati, pidana seumur hidup atau pidana penjara paling lama 20 tahun dan pidana denda maksimum Rp10 miliar ditambah 1/3.(wa)