Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

KPPBC Tanjung Balai Karimun Tegah Sabu-Sabu 138,46 Gram

Jakarta, 28/03/2016 Kemenkeu - Petugas KPPBC Tipe Madya Pabean B Tanjung Balai Karimun berhasil menegah sabu-sabu seberat 138,46 gram di Terminal Feri Kedatangan Internasional. Sabu-sabu tersebut dibawa oleh seorang WNI, penumpang kapal ferry MV. TUAH II yang berangkat dari pelabuhan Kukup, Malaysia, pada Rabu (23/03).


Kecurigaan petugas berawal dari tingkah laku penumpang tersebut saat melewati X-Ray. Selanjutnya, petugas melakukan pemeriksaan menyeluruh dan ditemukan bungkusan berisikan serbuk putih di dalam celana dalam, yang diduga Narkotika Golongan I jenis Methamphetamine (sabu-sabu). Selanjutnya petugas membawa tersangka ke kantor Bea Cukai Tanjung Balai Karimun untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.


Berdasarkan pengakuan tersangka, barang tersebut diberikan oleh seseorang saat di Malaysia dan tersangka diperintahkan untuk membawa barang tersebut ke Riau. Atas perbuatannya, tersangka melanggar Pasal 102 huruf e Undang-undang Nomor 17 Tahun 2006 tentang Perubahan atas Undang-undang Nomor 10 Tahun 1995 tentang Kepabeanan, yaitu menyembunyikan barang impor berupa sabu secara melawan hukum (penyelundupan) dan mengimpor Narkotika Golongan I sebagaimana dimaksud Pasal 113 ayat (1) Undang Undang No. 35 tahun 2009 Tentang Narkotika. Kasus ini kemudian dilimpahkan kepada Polres Karimun untuk dilakukan proses penyidikan. (as)