Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

KPPBC Tipe B Selatpanjang Gagalkan Selundupan 5 Kg Methamphetamine



Jakarta, 21/12/2011 MoF (Fiscal) News – Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) Tipe B Selatpanjang berhasil menggagalkan upaya penyelundupan barang terlarang, berupa Methamphetamine (shabu) dengan berat kotor sekitar 5 Kg pada Selasa (20/12). Barang dengan total nilai barang sebesar Rp10 miliar tersebut dibawa oleh KM. Green 5 melalui Dermaga KPPBC Tipe B Selatpanjang.

Sebelumnya, petugas KPPBC mencurigai barang bawaan yang dimiliki lima ABK. Setelah pemeriksaan mendalam, petugas menemukan satu kotak rokok di dalam kemasan daging babi, yang berisikan pil berwarna merah sebanyak 46 butir yang diduga Happy Five. Lebih lanjut, petugas juga melakukan pemeriksaan terhadap 5 buah kemasan plastik berwarna perak dengan berat masing-masing 1 Kg yang berisi serbuk kristal bening. Setelah dilakukan pengujian dengan narcotest, hasil menunjukkan bahwa serbuk kristal tersebut mengandung Methamphetamine (shabu) dan pil berwarna merah tersebut adalah Happy Five.

Penyelundupan barang larangan berupa 5 Kg Methamphetamine termasuk kategori Narkotika Golongan I ke wilayah Indonesia, yang melanggar pasal 113 ayat (1) dan (2) Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika. Dalam hal barang bukti beratnya melebihi 5 gram, pelaku dipidana dengan pidana mati, pidana seumur hidup atau pidana penjara paling lama 20 tahun dan pidana denda maksimum Rp10 miliar ditambah 1/3. (ya)