Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

KPPBC TMP B Dumai Gagalkan Penyelundupan Sabu-Sabu

Jakarta, 02/05/2013 MoF (Fiscal) News – Pada Sabtu (27/4), KPPBC TMP B Dumai berhasil mengagalkan penyeludupan sabu-sabu yang dibawa dari Malaysia melalui Terminal Penumpang Kapal Feri Indomal Espress 3. Modus yang digunakan dalam penyeludupan tersebut adalah dengan menyembunyikan barang di bawah perut bagian depan.

Awalnya, petugas telah mencurigai tersangka setelah tiba di terminal kedatangan pelabuhan. Tersangka yang sempat menolak diperiksa, akhirnya tertangkap menyembunyikan 4 bungkusan yang dikemas dalam bungkus plastik dan dilapisi koran. Saat penggeledahan lebih lanjut, petugas menemukan 3 bungkus lain disimpan di kantong celana dengan kemasan serupa.

Petugas kemudian langsung meringkus tersangka dan membawa barang bukti sabu-sabu untuk kepentingan penyelidikan lebih lanjut. Tersangka beserta beberapa barang bukti langsung diserahkan ke Kasubdit Narkoba Polres Dumai yang diserahkan langsung oleh Kepala Kantor KPPBC TMP B Dumai Dwijo Muryono, untuk diproses lebih lanjut sesuai dengan perbuatan yang telah dilakukan.

Dari pengakuan tersangka, sabu-sabu direncanakan akan dibawa untuk dipasarkan di Pulau Batam, Provinsi Kepulauan Riau. Selain barang bukti, petugas juga menyerahkan alat bukti lainnya di antaranya satu unit handpone, KTP dan paspor, buku tabungan serta barang bawaan lainnya. Atas perbuatannya, tersangka dijerat Pasal 112 UU nomor 35 Tahun 2009 dengan ancaman pidana kurungan penjara seumur hidup. (djbc/fin)