Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

KPPBC TMP B Pekanbaru Gagalkan Penyelundupan Narkotika Senilai Rp472,5 Juta

Jakarta, 11/03/2013 MoF (Fiscal) News - Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean B (KPPBC TMP) Pekanbaru berhasil menggagalkan upaya penyelundupan narkotika, seberat 315 gram atau diperkirakan bernilai Rp472,5 juta. Penggagalan ini berlangsung Minggu (10/3) di Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru, dari seorang laki-laki WN Malaysia berinisial TA.

Modus yang digunakan pelaku adalah dengan menyembunyikan barang tersebut menjadi dua paket, dan disisipkan di sisi dalam lidah sepatu. Petugas menaruh kecurigaan kepada pelaku setelah pemeriksaan dengan sinar X telah dilakukan. Dari hasil citra sinar X, dicurigai ada benda yang disembunyikan dalam lidah sepatu yang selanjutnya dilakukan pemeriksaan mendalam. Petugas menemukan 2 paket Kristal bening, yang positif sebagai narkotikan jenis Metamphetamine melalui uji narkotest dan uji laboratorium Balai Pengujian dan Identifikasi Barang (BPIB) DitJen Bea dan Cukai di Jakarta.

Selanjutnya, tersangka dan barang bukti Metamphetamine tersebut diserahkan kepada Polresta Pekanbaru untuk pengembangan lebih lanjut. Pelaku diancam dengan UU nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika tanggal 12 Oktober 2009, di mana Methamphetamine merupakan kategori Narkotika Golongan I. Penyelundupan Narkotika Golongan I ke Indonesia adalah pelanggaran pidana sesuai pasal 113 ayat 1 dan 2 Undang-Undang nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman pidana penjara paling lama 15 tahun penjara dan pidana denda paling banyak Rp10 miliar. Dalam hal barang bukti beratnya melebihi 5 gram, pelaku dipidana dengan pidana mati, pidana seumur hidup atau pidana penjara paling lama 20 tahun dan pidana denda maksimum Rp10 Miliar ditambah 1/3. (ik)