Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

KPPBC TMP C Banda Aceh Gagalkan Penyelundupan Bawang Bombay

Jakarta 29/04/2013 MoF News – Pada Selasa (16/04) pukul 10.30 WIB, petugas KPPBC TMP C Banda Aceh dan Tim Kanwil DJBC Aceh kembali berhasil melakukan penegahan bawang eks impor asal India, seberat 2.042,50 Kg yang masuk melalui Pelabuhan Penyeberangan Ulelheue, Banda Aceh.

Menurut Kepala KPPBC TMP C Banda Aceh Beni Novri, informasi awal didapat dari petugas KPPBC Sabang yang berusaha untuk melarang terjadinya pengangkutan tersebut. Akan tetapi, pengangkut tetap nekat membawa bawang tersebut masuk kapal ferry untuk diseberangkan ke Pelabuhan Ulelheue, Banda Aceh. Selanjutnya, petugas KPPBC TMP C Banda Aceh dan Tim Kanwil DJBC Aceh secara konsisten melakukan penjagaan terhadap lalu lintas sarana pengangkut yang keluar masuk di Pelabuhan Penyeberangan Ulelheue tersebut.

Petugas langsung mengamankan sebuah sarana pengangkut yaitu Colt L300 dengan Nopol BK 8488 BU yang berada di KMP BRR sesuai dengan informasi yang didapat, di samping memeriksa beberapa sarana pengangkut lainnya. Supaya proses pemeriksaan dapat dilakukan lebih mendalam, maka barang-barang tersebut dibawa ke KPPBC TMP C Banda Aceh. Dari hasil pemeriksaan tersebut kedapatan bahwa sarana pengangkut tersebut membawa bawang eks impor.

Mobil ini mengangkut 215 karung bawang yang masing-masing berisi 9,5 kg. Sopir mobil dengan inisial AS telah diamankan guna dimintai keterangan lebih lanjut. Dalam kasus penyelundupan kali ini, pengangkut berusaha untuk mengelabuhi petugas dengan cara menutupi seluruh permukaan bak dengan kardus bekas.

Saat ini, barang bukti berupa bawang diamankan di salah satu ruangan pada komplek KPPBC TMP C Banda Aceh, untuk selanjutnya dilakukan penanganan dan pengembangan kasus lebih lanjut. (djbc)