Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

KPPBC TMP Juanda Gagalkan 2 Usaha Penyelundupan Narkotika

Jakarta, 28/05/2014 MoF (Fiscal) News - Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean (KPPBC TMP) Juanda berhasil mencegah penyelundupan narkotika melalui Bandara Juanda. Ada dua kasus pengagalan yang dilakukan di waktu berbeda dengan modus yang berbeda pula. Pertama terjadi pada Senin (12/5) sementara yang kedua terjadi pada Rabu (14/5).

Pada kasus pertama, petugas menangkap WNA yang merupakan penumpang pesawat dari Hongkong ke Surabaya. Dari pemeriksaan badan, petugas menemukan narkotika seberat 720 gram yang disembunyikan dalam 2 kemasan plastik, yang kemudian dijahitkan ke dalam celana. Setelah melalui uji laboratorium di Balai Pengujian dan Identifikasi Barang (BPIB) Tipe B Surabaya, barang tersebut positif berupa Methampethamine (sabu-sabu). Selanjutnya tersangka beserta barang bukti diserahterimakan ke Direktorat Reserse Narkoba Polda Jawa Timur.

Untuk kasus kedua, petugas berhasil menegah 1.705 gram Methampethamine dari seorang WNI, yang menyembunyikannya ke dalam 5 buah tas tangan sebagai barang bawaannya. Setelah uji laboratorium, petugas menemukan bahwa barang tersebut positif sebagai Methampethamine. Selanjutnya, tersangka beserta barang bukti dilaporkan ke Badan Narkotika Nasional Propinsi (BNNP) Jawa Timur untuk penyelidikan lebih lanjut. (fin)

Informasi selengkapnya dapat dilihat di situs resmi Direktorat Jenderal Bea dan Cukai