Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

KPPBC TMP Ngurah Rai yang CERIA

Jakarta, 19/08/2014 MoF (Fiscal) News - Penilaian Kantor Pelayanan Percontohan (KPPc) Kementerian Keuangan tahun 2014 berlangsung kembali. Pada minggu awal ini, Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean (KPPBC TMP) Ngurah Rai merupakan salah satu kantor pelayanan yang dinilai oleh tim dari Kementerian Keuangan.


Tim Penilai sendiri terdiri atas Sekretaris Inspektorat Jenderal Sofandi Arifin, Tenaga Pengkaji Bidang Optimalisasi Kekayaan Negara Direktorat Jenderal Kekayaan Negara Tio Serepina Siahaan dan Tenaga Pengkaji Bidang Perencanaan Strategik Sekretariat Jenderal Dini Kusumawati.


Berbagai inovasi telah dilakukan KPPBC TMP Ngurah Rai agar pelayanan kepada stakeholders serta masyarakat senantiasa prima. Dengan inovasi ini, menurut Kepala KPPBC TMP Ngurah Rai Budi Harjanto, pelayanan yang prima ini dapat memberikan kecepatan, kemudahan, transparansi dan kepuasan kepada masyarakat. Ini juga yang menjadi motto KPPBC TMP Ngurah Rai, yaitu CERIA (Cepat, Efisien, Responsif dan Transparan).


Empat inovasi utama yang menjadi layanan unggulannya yaitu SI PENDET, SI KECAK, SI MADE, dan SANG BIMA. Budi menjelaskan bahwa SI PENDET merupakan singkatan dari Sistem Penyampaian Data Elektronik Piutang, dimana penyampaian data dapat dilakukan melalui fasilitas geogle dropbox. Hal ini memungkinkana laporan PPKP Terbit pada Kantor Pos dan Laporan PIBK Terbit dan pelunasan piutang PJT selalu real-time.


Selanjutnya adalah SI KECAK, yaitu Sharing Informasi Ketersediaan Pita Cukai, dimana informasi stok Pita Cukai dan kuota pengajuan P3C Awal MMEA yang tersedia selalu real-time. Ketiga adalah SI MADE, yaitu Sistem Informasi Manifest Dengan Email. Dengan cara ini, pengiriman data elektronik (RKSP, JKSP, Inward/Outward Manifest) dapat dilakukan hanya melalui email.
Terakhir adalah SANG BIMA atau Sistem Angkut Lanjut Barang Impor Melalui Darat, yaitu embrio pemberian fasilitas multimoda dari pesawat dilanjutkan dengan trucking menuju Juanda, Surabaya.


Sebagai informasi, kegiatan penilaian KPPc merupakan kegiatan rutin tahunan yang berlangsung di internal Kementerian Keuangan. Tahun ini, ada 12 kantor pelayanan yang masing-masing terdiri atas 3 perwakilan dari unit Eselon I yang memiliki kantor pelayanan, yaitu Direktorat Jenderal Pajak, Direktorat Jenderal Bea dan Cukai, Direktorat Jenderal Kekayaan Negara, dan Direktorat Jenderal Perbendaharaan.  


Kegiatan penilaian akan dilaksanakan hingga bulan September 2014, dengan acara puncak yaitu penyerahan penghargaan bagi Kantor Pelayanan Percontohan Terbaik dari Menteri Keuangan pada hari Oeang yang diperingati setiap tanggal 30 Oktober.