Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

KPU BC Tanjung Priok Gagalkan Ekspor Rotan Ilegal

Jakarta, 18/09/2013 MoF (Fiscal) News - Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) berhasil menggagalkan upaya ekspor ilegal 5 kontainer ukuran 40 feet rotan asalan dan rotan setengah jadi. Barang senilai Rp550 juta tersebut rencananya akan diekspor melalui pelabuhan Tanjung Priok ke China.
 

Modus yang digunakan pelaku adalah penipuan laporan jenis barang dan nama pengirim. Tercatat dua nama perusahaan pengirim adalah CV NM dan PT SSF. "Pada dokumen pemberitahuan jenis barang tidak sesuai, yaitu Coconut Briquete Charcoal, Stanchion Galvanized," kata Kepala Kantor Pelayanan Utama Bea dan Cukai (KPU BC) Tipe A Tanjung Priok Wijayanta di Pelabuhan Tanjung Priok, Rabu (18/9). Hingga saat ini, pihaknya masih melakukan pencarian pelaku ekspor ilegal tersebut.
 

Ekspor illegal ini  melanggar pasal 2 Peraturan Menteri Perdagangan RI Nomor: 35/M-Dag/PER/11/2011 tentang Ketentuan Ekspor Rotan dan Produk Rotan, yakni bahwa rotan yang termasuk dalam kelompok ex pos tarif (HS) 1401.20 meliputi rotan mentah, rotan asalan, rotan W/S dan rotan setengah jadi, dilarang untuk diekspor.
 

Kasus tersebut merupakan kasus ke-14 yang berhasil digagalkan pada tahun 2013 ini, dengan total tegahan sebanyak 38 kontainer yang bernilai sekitar 4,1 miliar. “Kami terus cari apakah kasus-kasus tersebut berhubungan,” tambahnya.(fin)