Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Kriteria Investor yang Dapat Rasakan Layanan Investasi 3 Jam

Jakarta, 01/10/2015 Kemenkeu - Dalam Paket Kebijakan Ekonomi Tahap II yang baru saja diluncurkan, pemerintah menawarkan terobosan kebijakan dengan memberikan layanan cepat pemberian izin investasi dalam waktu 3 jam. Untuk mendapatkan layanan ini, ada kriteria tertentu yang harus dimiliki calon investor. Ini disampaikan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution di Jakarta pada Selasa (29/09).

Kriteria utama untuk mendapatkan layanan cepat investasi ini adalah calon investor harus memiliki rencana investasi minimal Rp100 miliar dan/atau rencana penyerapan tenaga kerja Indonesia di atas 1.000 orang. Kemudian, permohonan ini disampaikan oleh calon pemegang saham dengan cara datang langsung ke Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Pusat di BKPM. Satu calon pemegang saham boleh mewakili calon pemegang saham lainnya sepanjang membawa lampiran surat kuasa.

Layanan cepat Pendirian Badan Hukum Investasi melalui PTSP Pusat di BKPM ini meliputi izin penanaman modal (investasi), akta pendirian perusahaan, dan pengesahan dari Kementerian Hukum dan HAM sebagai badan hukum Indonesia, serta NPWP.

Izin investasi yang diberikan sekaligus akan berfungsi sebagai izin konstruksi untuk memulai kegiatan investasi di Kawasan Industri. Tapi sebelumnya, perusahaan tersebut harus memenuhi norma/standar dalam berinvestasi yang harus dipenuhi sesuai ketentuan Kawasan Industri, antara lain pajak, TDP, Izin Gangguan/SITU, IMB, Izin Lokasi, Pertimbangan Teknis Pertanahan, HGB, Izin Lingkungan dan Amdal, Amdal Lalin, ketenagakerjaan, BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan, dan lain-lain. (as)