Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Kualitas Anggaran Jadi Cerminan Martabat Bangsa

Jakarta, 28/02/2017 Kemenkeu - Perbaikan kualitas perencanaan, penggunaan dan pertanggungjawaban anggaran Kementerian/Lembaga (K/L) menjadi tugas bersama bagi seluruh K/L. Menurut Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, penganggaran yang baik tidak hanya mencerminkan ekonomi yang baik, tapi juga sebagai cerminan dari citra sebuah bangsa.


“Saya yakin anggaran yang dikeola dengan baik tidak hanya mencerminkan kualitas ekonomi yang baik, tapi mencerminkan martabat suatu bangsa yang baik. Ini yang menggambarkan suatu negara diurus secara benar. Dia menceritakan banyak hal mengenai karakter bangsa kita,” tegasnya saat Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pelaksanaan Anggaran K/L Tahun 2017 di Aula Dhanapala, Jakarta pada Selasa (28/02).


Rakornas ini bertujuan untuk meningkatkan kinerja pelaksanaan anggaran dan efektivitas belanja K/L Tahun 2017, serta optimalisasi belanja pemerintah khususnya untuk mendorong pertumbuhan ekonomi 2017. Oleh karena itu, Menkeu berharap semua pengguna anggaran di K/L dapat membantu perbaikan ini. “Suatu perencanaan penggunaan dan pertanggungjawaban anggaran yang amburadul, menggambarkan juga negara yang amburadul. Dan kita tidak rela Indonesia dianggap sebagai negara yang tidak diurus dengan serius. Kita harus menjadi negara yang baik,” kata Menkeu. (as/as)