Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Kuartal I-2014, Ekonomi Indonesia Tunjukkan Perbaikan

Jakarta, 24/06/2014 MoF (Fiscal) News - Indikator pendukung stabilitas ekonomi Indonesia pada kuartal I-2014 menunjukkan adanya perbaikan. Hal ini ditunjukkan dengan dapat dijaganya inflasi pada level moderat, perbaikan pada neraca perdagangan, kembali menguatnya pasar keuangan, serta membaiknya yield Surat Utang Negara (SUN).

Menteri Keuangan M. Chatib Basri meyakini, tingkat inflasi tahun ini masih berada dalam rentang yang dapat dikendalikan oleh pemerintah. Hingga Bulan Mei 2014, angka inflasi tahunan tercatat sebesar 7,09 persen (year on year). Sementara, inflasi year to date tercatat sebesar 1,6 persen. Dengan capaian tersebut, Menkeu optimistis target inflasi sebesar 5,3 persen pada tahun ini dapat tercapai. “Di tahun 2014 kami percaya bahwa inflasinya berada dalam rentang yang bisa dikendalikan,” ungkapnya dalam rapat kerja dengan Dewan Perwakilan Daerah pada Senin (23/6) di Jakarta.

Menkeu juga meyakini, neraca perdagangan Indonesia yang sempat mengalami defisit akan kembali menunjukkan perbaikan. “Dari data bea cukai yang kami peroleh, insya Allah pada Bulan Mei, angka bulan Mei kelihatannya kita akan kembali lagi mengalami surplus (neraca perdagangan),” ungkapnya.

Selain itu, sisi pasar keuangan juga menunjukkan adanya penguatan. Hal ini ditandai dengan membaiknya perspektif investor terhadap kondisi ekonomi domestik serta kembali meningkatnya indeks saham pada awal tahun ini, yang juga diikuti dengan apresiasi nilai rupiah. “Setelah beberapa langkah yang dilakukan oleh pemerintah bersama Bank Indonesia, kembali lagi rupiahnya membaik, stock market-nya juga kembali naik,” jelas Menkeu.

Kembali meningkatnya minat investor terlihat dari penurunan imbal hasil (yield) SUN pada awal tahun 2014. “Yield dari surat utang ini sudah mengalami penurunan di sini, sehingga kembali lagi ke arah normal,” katanya. Hingga akhir April tahun ini, arus modal masuk asing  untuk SUN tercatat mencapai Rp53,2 triliun.(nv)