Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Kunjungi DJBC, Bea Cukai Australia Terkesan dengan Anjing Pelacak Unit K9

Jakarta, 05/08/2016 Kemenkeu - Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) menerima kunjungan Australian Border Force (ABF) dalam rangkaian the 15th Customs to Customs Talks between DGCE and ABF. Perwakilan ABF secara resmi disambut oleh Direktur Kepabeanan Internasional dan Antarlembaga Robert Leonard Marbun di Kantor Pusat DJBC, Jakarta pada Kamis (04/08).

Dalam kunjungan ini, ABF bermaksud untuk mengunjungi unit anjing pelacak K9 DJBC. Sebagai informasi, pada Agustus 2015 lalu, ABF menghibahkan lima ekor anjing pelacak kepada DJBC. Oleh karena itu, ABF bermaksud mengetahui kinerja dan kondisi anjing pelacak yang telah dihibahkan tersebut.

Perwakilan ABF menyatakan terkesan dengan pengelolaan anjing pelacak yang dilakukan Unit K9 DJBC. ABF menilai, Unit K9 DJBC berhasil mengembangkan dan meningkatkan kemampuan anjing pelacak yang telah dihibahkan.

Pada awal dihibahkan, anjing-anjing tersebut baru memiliki kemampuan pelacakan dan respon pasif. Oleh Unit K9 DJBC, anjing-anjing tersebut kemudian diberikan pelatihan pelacakan narkotika. Bahkan, anjing pelacak yang dihibahkan oleh ABF tersebut baru-baru ini berhasil mencetak prestasi dengan menggagalkan upaya penyelundupan narkoba di Terminal ferry Tanjung Pinang. Di sela kunjungan ini, Unit K9 DJBC juga mendemonstrasikan keterampilan anjing pelacak dalam mendeteksi narkotika dalam tas penumpang.

Baik DJBC maupun ABF berharap, hasil pertemuan ini akan semakin mempererat hubungan bilateral antara kedua negara. Selain itu, kedua belah pihak berharap akan ada berbagai jenis kerja sama lainnya yang dihasikan dari pertemuan ini.(nv)