Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Lagi, Bea Cukai Gagalkan Penyelundupan Sabu-Sabu

Jakarta, 20/03/2014 MoF (Fiscal) News – Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) Tipe Madya B Samarinda pada Rabu (12/3) berhasil menggagalkan pemasukan Methamphetamine (sabu-sabu) ke wilayah Indonesia. Sabu-sabu seberat 157,25 gram tersebut ditengarai berasal dari India yang dikirim melalui paket kiriman pos luar negeri.


Kasus serupa sebelumnya juga pernah terjadi pada awal Januari 2013 lalu, dimana petugas KPPBC Samarinda berhasil menggagalkan pemasukan sabu-sabu yang diduga berasal dari jaringan narkoba internasional India-Indonesia.


Seperti disebutkan dalam laman DJBC, dalam konferensi pers yang diselenggarakan pada hari Selasa (18/3), Plt. Kepala KPPBC Samarinda Indra Gautama Sukiman menjelaskan bahwa kronologis penggagalan upaya pemasukan sabu-sabu tersebut bermula dari kecurigaan petugas KPPBC Samarinda terhadap satu paket kiriman pos. Setelah dilakukan pemeriksaan, di dalam paket tersebut ditemukan 3 (tiga) bungkus aluminium foil berisi serbuk kristal berwarna putih yang diduga narkotika, yang disembunyikan di dalam false compartment pada dinding 2 (dua) buah kotak kayu.


Berdasarkan pengujian dengan narcotest, diidentifikasi bahwa serbuk kristal berwarna putih tersebut diduga merupakan Methamphetamine. Untuk lebih menguatkan, contoh barang dikirim ke Laboratorium Bea dan Cukai Jakarta dengan hasil uji laboratorium dinyatakan bahwa serbuk kristal berwarna putih merupakan Methamphetamine (sabu-sabu). Untuk proses penyelidikan lebih lanjut, KPPBC Samarinda telah berkoordinasi dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Kalimantan Timur dan Kantor Pos Lalu Bea Samarinda.  


Selanjutnya, pada Kamis (13/3) penerima paket sabu-sabu berhasil ditangkap dan langsung diamankan di BNN Provinsi Kalimantan Timur. Selanjutnya, barang bukti diserahterimakan kepada BNN Provinsi Kalimantan Timur.(nic)