Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Laju Pertumbuhan Ekonomi Triwulan I-2013 Melambat

Jakarta, 15/05/2013 MoF (Fiscal) News - Perekonomian Indonesia pada triwulan I-2013 bertumbuh sebesar 6,02 persen. Hal ini berarti laju pertumbuhan ekonomi Indonesia melambat dibanding triwulan sebelumnya yang tumbuh 6,11 persen. Tingkat pertumbuhan ini juga lebih rendah daripada perkiraan Bank Indonesia yang sebesar 6,2 persen.  

Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi Bank Indonesia (BI) Difi A. Johansyah dalam keterangan tertulisnya mengatakan, perlambatan Produk Domestik Bruto (PDB) bersumber dari menurunnya permintaan domestik. Kondisi tersebut tidak lepas dari pemulihan ekspor yang masih terbatas.  

Konsumsi rumah tangga, lanjut Difi, tumbuh melambat sejalan dengan menurunnya daya beli akibat inflasi bahan makanan dan meningkatnya ekspektasi inflasi terkait dengan ketidakpastian kebijakan subsidi bahan bakar minyak (BBM). Sementara, konsumsi pemerintah tumbuh rendah pada awal tahun karena masih terbatasnya serapan belanja, khususnya belanja barang. Di sisi lain, investasi, khususnya non-bangunan, cenderung melambat dipengaruhi oleh prospek permintaan domestik dan internasional yang terbatas. Sejalan dengan melambatnya investasi dan konsumsi, impor mengalami kontraksi. 
Dengan perkembangan tersebut, pertumbuhan ekonomi pada triwulan II-2013 diperkirakan juga akan lebih rendah dari yang diperkirakan sebelumnya, dan berada di tingkat yang tidak jauh berbeda dari tingkat pertumbuhan triwulan I-2013. Untuk keseluruhan tahun 2013, perekonomian Indonesia diperkirakan akan mengarah ke batas bawah kisaran proyeksi, yaitu sebesar 6,2 persen-6,6 persen.(ak)