Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Lakukan Ekstensifikasi, DJP Jaring 317 Ribu Wajib Pajak Baru

Jakarta, 26/10/2015 Kemenkeu - Dalam rangka mencapai target penerimaan pajak tahun ini, Direktorat Jenderal Pajak (DJP) telah menggalakkan ekstensifikasi wajib pajak baru. Hingga 15 Oktober 2015, DJP berhasil menjaring 317.734 WP baru, atau 105,9 persen dari target 300 ribu WP baru pada tahun ini.

Kegiatan ekstensifikasi ini dilakukan antara lain melalui penyisiran, canvassing, operasi pasar tertutup/terbuka, data feeding lainnya, serta pendaftaran Pajak Bumi dan Bangunan sektor Perkebunan, Perhutanan dan Pertambangan (PBB P3) atas NOP Baru. Namun demikian, seperti dikutip dari situs resmi DJP, baru sekitar 64,4 persen dari total WP baru tersebut yang telah melakukan pembayaran pajaknya, atau sebanyak 193.306 orang WP.

Selain kegiatan ekstensifikasi, untuk mengoptimalkan penerimaan dari kegiatan extra effort ekstensifikasi, DJP melalui Seksi Ekstensifikasi dan Penyuluhan (EP) di seluruh Kantor Pelayanan Pajak (KPP) di Indonesia juga terus melakukan intensifikasi.

Hal tersebut diwujudkan dengan melakukan pengawasan pembayaran dan pelaporan WP Baru sepanjang dua tahun terakhir, pengawasan kewajiban perpajakan tertentu, pengawasan Pembayaran Masa Pajak Penghasilan (PPh) pasal 21/25 atas WP Baru, tindak lanjut bukti pemotongan dan pemungutan (potpus) dan faktur pajak yang tidak ber-NPWP, revaluasi atas objek PBB P3 dan sektor lainnya, pemantauan pembayaran PBB P3 dan sektor lainnya setelah jatuh tempo, serta optimalisasi pemetaan dan penilaian.

Hingga dua bulan ke depan, DJP akan terus mengoptimalkan kegiatan extra effort ekstensifikasi guna menggenjot penerimaan pajak. Tentunya, kegiatan extra effort ekstensifikasi pajak ini tidak akan berhasil tanpa dukungan seluruh masyarakat Indonesia.(nv)