Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Lantik Kepala Pusintek, Menkeu Berharap Keandalan Sistem IT Kemenkeu Meningkat

Jakarta, 08/04/2016 Kemenkeu - Menteri Keuangan Bambang P.S. Brodjonegoro melantik Herry Siswanto sebagai Kepala Pusat Sistem Informasi dan Teknologi Keuangan (Pusintek) Sekretariat Jenderal pada Jumat (8/4) di Gedung Djuanda I lantai 3 Kementerian Keuangan, Jakarta. Pelantikan dilakukan sesuai dengan Keputusan Menteri Keuangan Nomor 254/KMK.01/UP.11/2016.


Dalam arahannya, Menkeu meminta kepada Kepala Pusintek yang baru saja dilantik agar dapat memastikan keandalan sistem di lingkungan Kementerian Keuangan dapat dijaga. Hal ini mengingat, keandalan sistem teknologi informasi akan menentukan penerimaan negara dan pelayanan Kementerian Keuangan kepada masyarakat.


“Hal-hal ini yang kemudian saya pikir perlu menjadi perhatian lebih, karena inilah yang akan langsung dilihat masyarakat adalah kualitas IT (Information Technology) di lingkungan Kementerian Keuangan,” jelasnya.


Selain itu, ia juga meminta agar semua proses pengadaan barang/jasa di lingkungan Pusintek dilakukan dengan mengikuti governance yang baik dan sesuai peraturan perundangan yang berlaku, sehingga tidak meninmbulkan permasalahan di kemudian hari.


Sementara itu, dalam konteks sumber daya manusia (SDM), Menkeu berharap Pusintek dapat merekrut sebanyak mungkin SDM terbaik di lingkungan Kementerian Keuangan, yang dibutuhkan untuk pengembangan teknologi informasi. “Jadi jangan terpaku pada alur birokrasi biasa, tapi justru Pak Herry harus berani melihat keluar dan mencari talent-talent, individu-individu yang berbakat yang bisa memberikan kualitas pelayanan yang lebih baik,” tambahnya.


Selain itu, Menkeu juga berpesan agar Pusintek dapat membuat terobosan dalam sistem di lingkungan Kementerian Keuangan sendiri. Ia berharap, ke depan, Pusintek juga dapat mengembangkan sistem-sistem yang user friendly dan mampu mengolah data-data besar, yang sangat diperlukan untuk mendukung kinerja Kementerian Keuangan.


“Besar harapan saya bahwa Pusintek ke depan akan menjadi wajah yang baik bagi Kementerian Keuangan, ditandai dengan keandalan sistem, ditandai dengan fitur-fitur yang user friendly untuk semua sistem yang kita kembangkan, dan yang paling penting bisa mengolah data dalam jumlah yang sangat besar, karena itulah harusnya yang menjadi kelebihan dari suatu institusi seperti Kementerian Keuangan,” pungkasnya.(nv)