Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Lapor SPT Online, Presiden Apresiasi e-Filing

Jakarta, 21/03/2014 MoF (Fiscal) News - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengapresiasi langkah Kementerian Keuangan melalui Direktorat Jenderal Pajak yang mengembangkan program pelaporan Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan melalui e-Filing.

"Saya mendukung serta mengapresiasi kepada jajaran Kementerian Keuangan dan Direktorat Jenderal Pajak (DJP) yang telah menggunakan metodologi e-Filing, sehingga Wajib Pajak dapat menggunakan sistem ini dengan cepat, tepat, efisien, serta menghindari isu-isu," demikian dijelaskan Presiden sebagaimana dikutip dari laman Sekretariat Kabinet pada Kamis (20/3).

E-Filing merupakan sistem pelaporan SPT yang dikembangkan oleh DJP dengan memanfaatkan sarana internet, sehingga pelaporan SPT dapat dilakukan secara online. Dengan memanfaatkan keunggulan program tersebut, kali ini, Presiden melaporkan pajaknya secara online via internet. Dengan menggunakan laptop, Presiden melaporkan SPT Tahunan Pajak Penghasilan Tahun 2013 setelah terlebih dahulu melakukan registrasi menggunakan Electronic Filing Identification Number (e-FIN), kemudian memeriksa bukti terima elektronik yang diterima melalui email.

Presiden berharap, setiap Wajib Pajak dapat membayar kewajiban pajaknya sesuai ketentuan yang berlaku. Dengan penertiban sistem, ditambah peningkatan kesadaran Wajib Pajak, penerimaan dan pendapatan negara diharapkan terus meningkat. Presiden juga mengingatkan, negara memerlukan biaya untuk pembangunan, menjalankan roda pemerintahan, dan menyejahterakan rakyat. “Komponen pajak adalah pilar dari pendapatan negara yang juga menjadi bagian penting dari pembelanjaan negara,” ungkapnya.(ak)