Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Laporan Terbaru Bank Dunia, Refleksi Rating Layak Investasi bagi Indonesia

Jakarta, 21/06/2017 Kemenkeu- Bank Dunia baru saja mengeluarkan laporan triwulanan terbarunya Bulan Juni mengenai Indonesia yang diberi judul “Upgraded”. Menurut Direktur Bank Dunia untuk Indonesia Rodrigo Chaves, judul laporan kali ini mengacu pada kondisi Indonesia yang mendapatkan rating investment grade dari beberapa rating agency terkemuka.

 

“Judul laporan kali ini adalah upgraded, mengacu pada peningkatan terkini dari salah satu rating agency, di mana Indonesia mendapatkan investment grade. Saat ini, semua rating agency termuka pasti setuju dengan rating yang baik ini. Ini adalah hasil yang sangat baik bagi Indonesia,” katanya saat peluncuran laporan tersebut di Jakarta, pekan lalu.

 

Menurut Chaves, rating investment grade bagi Indonesia ini juga menjadi yang pertama dalam 20 tahun terakhir, sejak terjadinya krisis keuangan Asia di tahun 1998. Hal ini menjadi perwujudan baiknya kebijakan ekonomi di Indonesia. “Pertama kali dalam hampir 20 tahun sejak krisis keuangan Asia 1998, semua rating agency terkemukan memberikan investment grade. Ini merefleksikan fundamental makro yang sehat dan manajemen fiskal yang kuat di Indonesia,” ungkapnya. (as/dns)