Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Laporan yang Berkualitas Pengaruhi Pengelolaan Keuangan Negara yang Efektif

Jakarta, 31/01/2017 Kemenkeu - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menyelenggarakan Simposium Internasional bertema The Future for Indonesian Government Financial Reporting di Aula Mezzanine, Kemenkeu, Jakarta pada Selasa (31/01). Saat memberikan sambutannya, Wakil Menteri Keuangan Mardiasmo menyampaikan bahwa salah satu upaya untuk mewujudkan pengelolaan keuangan negara yang efektif, transparan dan akuntabel adalah melalui penyusunan laporan keuangan pemerintah yang berkualitas, andal dan tepat waktu.


"Dalam simposium ini, selain kita bagaimana me-report dengan benar dan baik, tidak lagi unrecorded, semua recorded, semua sudah dinilai, udah di-asersi yang baik, tetapi penggunaan angka-angka itu kira-kira apa untuk selanjutnya," jelas Mardiasmo.


Sesuai Nawacita, sasaran pembangunan seperti pembangunan infrastruktur mendapat porsi lebih. Selain itu, pembangunan desa juga mendapatkan alokasi Dana Desa yang sangat besar. Menurutnya, dengan laporan keuangan yang baik, ke depannya baik eksekutif maupun legislatif, dapat menggunakan laporan tahun sebelumnya untuk membahas anggaran tahun berikutnya.


"Masyarakat dapat apa dari laporan keuangan yang menjadi amanah ini? public money yang digunakan. satu Rupiah pun harus digunakan untuk kesejahteraan rakyat, dana APBN atau APBD harus digunakan seluruhnya untuk kemakmuran rakyat," jelas Wamenkeu. (as/rsa)