Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Lembaga Pemeringkat Jepang Naikkan Peringkat Kredit Indonesia

Jakarta, 09/03/2017  Kemenkeu - Japan Credit Rating Agency,Ltd mengoreksi ke atas outlook peringkat kredit Indonesia dari stable menjadi positif. Lembaga pemeringkat asal Jepang ini juga mengafirmasi peringkat utang jangka panjang berdenominasi valuta asing Indonesia pada peringkat BBB- atau layak investasi (investment grade).


Menurut JCRA, peningkatan ini dilatari oleh kuatnya pertumbuhan ekonomi Indonesia, yang didukung oleh dua faktor. Pertama adalah perbaikan iklim investasi yang didorong oleh serangkaian Paket Kebijakan Ekonomi yang telah dikeluarkan pemerintah sejak September 2015. Kedua adalah terkendalinya utang luar negeri swasta, sebagai dampak dari kebijakan Bank Indonesia pada utang eksternal yang didasarkan pada prinsip kehati-hatian.


Direktur Strategi dan Portofolio Pembiayaan DIrektorat Jenderal Pengelolaan, Pembiayaan dan Risiko Kementerian Keuangan Scenaider C.H. Siahaan mengapresiasi koreksi JCRA ini. “Pertumbuhan ekonomi Indonesia yang solid dan usaha pemerintah dalam menjalankan reformasi kebijakan telah diapresiasi dengan baik oleh masyarakat internasional. Hal ini dibuktikan melalui lembaga pemeringkat,” katanya seperti dikutip pada Kamis (09/03). (as/as)