Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Lewat E-Filing, Menkeu Berharap Kesadaran Bayar Pajak Juga Meningkat

Jakarta, 07/03/2016 Kemenkeu - Menteri Keuangan Bambang P.S. Brodjonegoro berharap, dengan semakin mudahnya Wajib Pajak (WP) untuk melaporkan SPT Tahunan melalui bantuan teknologi, maka kesadaran untuk membayar pajak dengan benar juga ikut meningkat. Ini disampaikannya saat mendampingi Presiden Joko Widodo melaporkan SPT-nya lewat e-filing di Palembang, akhir pekan lalu.


“Jadi pelan-pelan kita perbaiki kepatuhan, karena ini penting kesadaran WP-nya. Kita hanya dalam tahap mengimbau dan memeriksa yang paling penting adalah kesadaran dari para WP-nya," tegas Menkeu. E-filing adalah suatu cara penyampaian SPT atau penyampaian Pemberitahuan Perpanjangan SPT Tahunan secara elektronik yang dilakukan secara online dan real time. Sistem ini ditujukan untuk mempermudah WP dalam melaporkan SPT tahunannya,sehingga angka pelaporan SPT dapat meningkat.


Menurut Menkeu, angka pelaporan SPT oleh WP Orang Pribadi masih sangat kecil. "Kalau dari jumlah penduduk kan hanya 11 persen yang punya NPWP. Dari 11 persen itu atau sekitar 27 juta, hanya 10 juta yang menyampaikan SPT," kata Menkeu. Ia menjelaskan bahwa e-filing menjadi salah satu layanan yang mempermudah para WP. "Ini salah satu layanan agar para pembayar pajak yang mau bayar pajak itu mudah. Tidak sulit. Sehingga orang tidak perlu susah-susah mengantri atau mengisi formulir yang secara manual," jelasnya. (as)