Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

LPDP Lengkapi Beasiswa dari Dikti

Jakarta, 17/05/2013 MoF (Fiscal) News – Badan Layanan Umum Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) yang masih berusia muda ditujukan untuk saling melengkapi kebijakan pemerintah di bidang pendidikan yang telah ada. Menurut direktur utama LPDP Eko Prasetyo, LPDP memiliki tujuan menjadi pengelola dana pendidikan yang dapat digunakan untuk menyiapkan pemimpin di masa depan.

Dengan penawaran beasiswa untuk magister dan doktor serta beasiswa tesis dan disertasi, LPDP melengkapi Kementerian Pendidikan dan Budaya yang juga memberikan beasiswa melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dikti).

“Dikti kalau tidak salah masif-nya S1, makanya ada program Bidik Misi. S2 dan S3 untuk dosen atau calon dosen. Kalau LPDP seluruh rakyat Indonesia, dengan prioritas-prioritas program studi. Jadi kita melengkapi  kebutuhan Kemendikbud. Kita lengkapi. Komplemen lah bukan Kompetitor. Kita komplemen dari kebijakan pemerintah,” jelasnya.

Sebagai informasi, LPDP berdiri pada 30 Januari 2012 yang ditandai dengan ditetapkannya Keputusan Menteri Keuangan No. 18/KMK.05/2012 tentang Penetapan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan pada Kementerian Keuangan sebagai instansi pemerintah yang menerapkan pengelolaan keuangan Badan Layanan Umum. Berdasarkan Keputusan Menteri Keuangan tersebut, LPDP dapat mengelola Dana Pengembangan Pendidikan Nasional (DPPN), karena telah berstatus sebagai BLU penuh. (fin)