Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Mandat Baru LMAN untuk Laksanakan Pendanaan Lahan

Jakarta, 20/03/2017 Kemenkeu - Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN) adalah Badan Layanan Umum di bawah Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Kementerian Keuangan (Kemenkeu), yang telah berdiri sejak 16 Desember 2015. Kini, selain menjadi pengelola aset negara, LMAN juga melakukan perencanaan pendanaan dan pendayagunaan lahan landbank serta pembayaran ganti rugi pengadaan tanah.


“Selaku aparat negara, DJKN lebih ditempatkan sebagai regulator jadi membutuhkan suatu instrumen baru yang sifatnya lebih operator dan lebih memiliki expertise di bidang properti. Dalam pendiriannya meskipun baru berjalan beberapa bulan pada waktu itu, ada spirit baru di mana pada waktu itu terdapat permasalahan pendanaan lahan untuk pengadaan lahan proyek strategis nasional, karena itulah LMAN mendapat mandat yang kedua untuk melaksanakan pendanaan lahan,” jelas Direktur LMAN Rahayu Puspasari saat Media Briefing di Ruang Pers Gedung Djuanda I, Kemenkeu pada Jumat (17/03).


 LMAN juga dibentuk untuk mendukung optimalisasi manajemen aset negara guna meningkatkan manfaat ekonomi dan sosial, sekaligus menggali potensi return on assets dan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) yang berasal dari Barang Milik Negara. Saat ini, LMAN tengah berbenah dalam hal Sumber Daya Manusia (SDM), yang akan didukung baik oleh PNS maupun professional non PNS.


“Dalam satu tahun didirikan itu operasionalnya itu baru dimulai Juni 2016. Jadi kurang lebih belum satu tahun. SDM-nya selama dari Juli sampai dengan hari ini itu berkembang, saat ini PNS jumlahnya ada 28 per hari ini termasuk saya, dan kita segera sedang berproses untuk menerima profesional non PNS,” ungkapnya.


Sebagai informasi, dasar hukum pendirian LMAN adalah Perpres 102 Tahun 2016 mengenai Pendanaan Pengadaan Tanah Bagi Pembangunan untuk Kepentingan Umum Dalam Rangka Pelaksanaan Proyek Strategis Nasional, serta PMK 219/PMK.01/2015 mengenai Organisasi dan Tata Kerja Lembaga Manajemen Aset Negara. (ip/as)