Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Mayoritas Gubernur Setuju Kenaikan Harga BBM

Jakarta, 17/04/2013 MoF (Fiscal) News - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Jero Wacik menyampaikan, rencana pemerintah untuk mengendalikan konsumsi bahan bahan minyak (BBM) bersubsidi dengan menaikkan harga BBM bersubsidi mendapat dukungan dari hampir seluruh gubernur. Dukungan dan persetujuan itu tercermin dalam Rapat Kerja Gubernur se-Indonesia yang berlangsung pada Selasa (16/4) di Kementerian Dalam Negeri, Jakarta. 

 

Jero mengatakan, pemerintah telah menyampaikan rencana untuk segera melakukan pengendalian konsumsi BBM bersubsidi agar tidak melewati kuota yang sudah ditetapkan. “Dalam rapat dengan para gubernur tadi, kami (pemerintah) telah menyampaikan rencana untuk segera mengendalikan BBM Bersubsidi. Dan hampir dari seluruh gubernur telah menyatakan setuju dan mendukung rencana pemerintah, jika opsi yang diambil pemerintah untuk menaikkan harga BBM bersubsidi,” katanya. 

 

Terkait besaran harga BBM bersubsidi yang akan dinaikkan, ia menyampaikan bahwa pihaknya  akan menetapkan sesuai dengan harga keekonomiannya. “Sekarang sudah mengerucut, sekitar Rp6.500 untuk mobil pribadi (plat hitam), tapi ada juga beberapa gubernur yang mengatakan langsung saja ke harga keekonomiannya. Artinya, (harga BBM) naik itu sudah setujulah beliau-beliau itu,” imbuhnya.(ak)