Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Melalui Paket Kebijakan Ekonomi Tahap IV, Pemerintah Dukung UMKM Berorientasi Ekspor

Jakarta, 16/10/2015 Kemenkeu - Pemerintah telah mengumumkan Paket Kebijakan Ekonomi Tahap IV pada Kamis (15/10) kemarin di Kantor Kepresidenan, Jakarta. Salah satu hal penting yang tertuang dalam paket ini adalah dukungan penuh dari pemerintah bagi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).

Melalui Paket Kebijakan Ekonomi Tahap IV ini, pemerintah akan memberikan kredit permodalan bagi UMKM yang yang berorientasi ekspor atau terlibat dalam kegiatan mendukung ekspor. Menurut Menteri Keuangan Bambang P.S. Brodjonegoro, kredit yang diberikan ini nantinya memiliki tingkat bunga yang lebih rendah dari tingkat bunga komersial.

“Kita ingin agar UKM tersebut tetap memproduksi produknya untuk ekspor dan mendukung ekspor, juga tidak mem-PHK karyawannya. Karena itu, kita fokuskan semacam kredit modal kerja dengan tingkat bunga yang lebih rendah dari tingkat bunga komersial,” kata Menkeu pada Kamis (15/10) petang.

Ia menambahkan, kredit tersebut diprioritaskan bagi perusahaan padat karya dan rawan PHK, tetapi mempunyai kegiatan ekspor maupun yang terlibat pada kegiatan ekpor. Dengan demikian, perusahaan yang menjadi pemasok bahan baku produsen dalam melakukan kegiatan ekspor tetap dapat memperoleh kredit ini, meskipun perusahaan tersebut tidak melakukan ekspor secara langsung.(nv)