Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Melihat Arah Kebijakan Indonesia dalam Seminar Reformasi Fiskal

Jakarta, 02/12/2015 Kemenkeu - Pekan depan, Kementerian Keuangan, BAPPENAS, serta Bank Indonesia akan menyelenggarakan International Forum Economic Development and Public Policy. Tahun ini tema yang diangkat adalah“Fiscal Reform to Support Strong and Equitable Growth: Striking The Right Balance”. Forum ini akan berlangsung di Bali pada 10-11 Desember 2015.
Menurut Plt. Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Suahasil Nazara, seminar ini menjadi wadah bersama untuk dapat melihat arah kebijakan yang telah diambil, maupun yang akan ditentukan ke depannya. “Seminar ini bukan langsung menjadi kebijakan, tapi menjadi kesempatan kita untuk bisa duduk, melihat gambar yang besar ini dan memikirikan benar atau tidak ini arah yang kita ambil,” jelasnya saat diskusi di Kantor Kementerian Keuangan, Jakarta pada Rabu (02/12).
Ia berharap melalui seminar ini, reformasi fiskal yang sedang dilakukan pemerintah dapat lebih berwarna lagi, sehingga kebijakan strategi di APBN berikutnya dapat lebih baik lagi. “Fiscal reform ini bukan hanya untuk APBN 2016, tapi memberi warna kepada strategi kebijakannya. Misalkan apa benar move kita mengalokasikan ke transfer seperti di APBN 2016?,” ungkapnya. Selain itu, Suahasil berharap dari seminar ini cara berpikir setiap pembuat kebijakan nantinya akan lebih kaya lagi.