Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Mengelola Subsidi Energi Tantangan Bagi Pemerintahan Baru

Jakarta, 14/05/2014 MoF (Fiscal) News - Tantangan pemerintah Indonesia ke depan harus mampu mengelola subsidi energi dengan lebih baik. Pasalnya, tekanan administered price akibat Bahan Bakar Minyak (BBM) ini membuat inflasi meningkat. Demikian disampaikan Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus Martowardojo di Jakarta.


Menurutnya, setiap kali pemerintah melakukan penyesuaian harga BBM, maka akan ada tekanan terhadap inflasi. Jika ada rencana pemerintah untuk menerapkan subsidi fix, maka hal ini bisa mengurangi volatilitas dari subsidi BBM. “Tapi secara umum, kita harus bisa mengelola subsidi energi ini dengan  lebih baik karena administered price yang mendorong tingkat inflasi dan akibatnya tingkat suku bunga susah untuk rendah,” urainya.


Ia mengatakan, dalam rencana pembangunan jangka menengah, pemerintah merencanakan subsidi BBM, listrik, dan pangan dihilangkan secara bertahap. Tetapi, perhatian kepada kaum miskin tetap dilaksanakan.


“Tapi seandainya ada kandidat Presiden mengurangi subsidi itu rencana yang baik, malah satu bentuk reformasi struktural yang utama adalah pengelolaan energi yang lebih baik. Itu tantangan ke depan,” pungkasnya. (ans)