Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Menjaga Ketahanan Ekonomi Indonesia dari Imbas Global

Jakarta, 21/11/2016 Kemenkeu - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan pentingnya menjaga perekonomian di tengah kondisi perekonomian global yang sedang melemah. Menurutnya, saat ini ketahanan ekonomi perlu dijaga agar tidak terimbas dampak yang lebih buruk dari perekonomian global. Hal ini disampaikan oleh Menkeu saat memberikan keynote speech pada Rapat Kerja Nasional II Pengurus Besar Nahdhatul Ulama di Jakarta, Sabtu (19/11).


Menkeu menganalogikan bahwa menjaga perekonomian seperti menjaga ketahanan tubuh. "Ibarat kita berada dalam lingkungan yang banyak orang sakit maka kita perlu menjaga ketahanan tubuh kita,” katanya. Di sisi lain, kondisi perekonomian global telah berdampak kepada penerimaan pajak yang selama 3 tahun terakhir menurun. "Karena perdagangan ekonomi global masih lemah dan perdagangan komoditas juga masih lemah hal ini membuat penerimaan pajak kita juga semakin melemah," jelas Menkeu.


Oleh karena itu, Menkeu menambahkan, pajak sangat diperlukan untuk menjaga pertumbuhan ekonomi melalui belanja APBN. Beberapa diantaranya dengan melakukan investasi di bidang Sumber Daya Manusia, investasi infrastruktur, dan institusi. Pada kesempatan tersebut, Menkeu juga mengajak NU untuk turut menjaga stabilitas ekonomi dan iklim investasi yang penting, sebagai prasyarat menjaga pertumbuhan ekonomi. (as)