Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Menkeu Ajak Pengusaha Taat Pajak

Jakarta, 06/02/2017 Kemenkeu – Di hadapan para pengusaha yang tergabung dalam Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO), Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengingatkan para pengusaha untuk membantu terkumpulnya penerimaan negara dengan cara taat membayar pajak. "Saya ingin mengingatkan, pajak adalah tools untuk mengatasi persoalan di republik ini," kata Menkeu dalam acara CEO Gathering di Gedung Permata Kuningan, Jakarta (03/02).


Tantangan dalam bidang perpajakan yang dihadapi Indonesia adalah tax ratio Indonesia masih rendah di kisaran 11 persen.  Sementara itu, kepatuhan pajak juga tergolong masih rendah. Dari data yang disampaikan Menkeu, Wajib Pajak yang terdaftar berjumlah 32,7 juta dengan 20 juta masuk dalam kategori wajib SPT. Dari angka ini, hanya 12,7 juta yang membayar pajak.


"Tolong saya sebagai CFO republik ini dibantu pekerjaannya. Jangan datang ke saya untuk cari tahu bagaimana caranya untuk membayar pajak. Datanglah ke saya untuk membayar pajak," tambahnya. Menkeu juga menambhakan, selain telah dibentuk Tim Reformasi Pajak, Menkeu berharap kontribusi aktif para pengusaha dalam hal ketaatan membayar pajak. "APINDO merefleksikan seluruh pengusaha di Indonesia. Jangan disini ada yang bayar pajak, ada yang enjoy-enjoy saja tidak bayar pajak," tegas Menkeu. (ip/rsa)