Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Menkeu Ajak Seluruh Elemen Kemenkeu Lanjutkan Program Reformasi

Jakarta, 02/08/2016 Kemenkeu - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati meyakini, Kementerian Keuangan akan terus melanjutkan program reformasi yang telah dimulai sejak bertahun-tahun lalu. “Keinginan untuk meneruskan reformasi dan memperbaiki, menyempurnakan banyak hal, nampaknya berjalan terus,” jelasnya dalam rapat pimpinan kerja (Rapimja) Kementerian Keuangan di Jakarta, Senin (01/08).

Ia menambahkan, kesuksesan program reformasi dapat terwujud dengan adanya rasa memiliki dari seluruh elemen institusi. Selain itu, reformasi juga akan berjalan baik dengan keterlibatan seluruh elemen institusi, dari level tertinggi hingga level terendah.

“Dia (reformasi) hanya akan berhasil kalau dia merupakan suatu program bersama, jadi ada kepemilikan dari seluruh jajarannya. Kadang-kadang itu membutuhkan suatu proses untuk menumbuhkan rasa memiliki reformasi itu, tapi saya rasa itu adalah hal yang perlu dilakukan oleh semua jajaran,” tambahnya.

Selain itu, Menkeu juga menegaskan bahwa reformasi yang bersifat top-down (berdasarkan instruksi dari atasan kepada bawahan) harus dihindari, karena tidak akan memberikan hasil yang baik dalam jangka panjang. Ia menggarisbawahi, suatu reformasi akan bertahan lama jika perubahan kultural tersebut dipercaya oleh masing-masing partisipannya.

“Di semua organisasi di dunia ini tidak ada suatu reformasi berhasil kalau itu hanya sebabnya instruksi dan top-down. Suatu reformasi yang bertahan lama hanya akan muncul dan bertahan lama kalau itu dipercaya oleh masing-masing partisipannya, jadi bukan melakukan karena menterinya Sri Mulyani, tapi karena Anda semua percaya bahwa ini adalah baik, baik untuk organisasi, baik untuk saya sendiri, baik untuk negara,” urainya.(nv)