Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Menkeu Akan Cek Data SPT WNI Dalam Panama Papers

Jakarta, 27/04/2016 Kemenkeu - Menteri Keuangan Bambang P.S. Brodjonegoro telah menginstruksikan untuk melakukan pengecekan terhadap kebenaran data SPT Warga Negara Indonesia (WNI) yang ada di dalam daftar Panama Papers. Hal ini dilakukan untuk mengecek kebenaran pelaporan data milik WNI tersebut dalam SPT-nya.


“Yang bisa kita lakukan adalah mengecek apakah perusahaan-perusahaan yang dimiliki orang Indonesia yang ada namanya dalam Panama Papers, sudah tercatat dalam SPT mereka. Jadi kita bisa kroscek dengan SPT mereka dengan yang ada di Panama Papers. Kalau ada, ya artinya sudah dilaporkan,” jelas Menkeu usai Seminar ‘Enhancing Growth and Poverty Alleviation through Infrastructure Development’ di Senggigi, Nusa Tenggara Barat pada Selasa (26/04).


Menurutnya, pembentukan perusahaan Special Purpose Vehicle (SPV) di Panama bukan sesuatu hal yang pasti salah. Namun, jika perusahaan tersebut tidak dilaporkan dalam SPT miliknya, maka penindakan akan dilakukan. “Kita akan meminta klarifikasi kenapa itu tidak dilaporkan, dan nanti konsekuensinya harus ada pembayaran denda pajak yang terkait laporan tersebut,” tegasnya. (as)