Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Menkeu: Akan Saya Jalankan Sebaik-Baiknya, Selebihnya Kewenangan DPR

Jakarta, 26/02/2013 Mof (Fiscal) News – Menteri Keuangan Agus D.W. Martowardojo mengaku bersyukur dan berterima kasih atas kepercayaan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono yang mencalonkan dirinya sebagai kandidat Gubernur Bank Indonesia periode 2013 – 2018. “Saya bersyukur, berterima kasih, dan merasa mendapatkan kepercayaan untuk diusulkan oleh Pak Presiden dan negara untuk menjadi calon Gubernur BI,” ujar Menkeu di Jakarta, Senin (25/2).

Menkeu menyatakan siap menghadapi uji kelayakan dan kepatutan oleh DPR RI guna menduduki jabatan Gubernur Bank Indonesia. “Bahwa pada saat seperti ini, fokus pemerintah dan BI tentu bagaimana menjaga stabilitas sistem keuangan. Jadi, penugasan ini saya terima dengan baik dan coba melakukan dengan baik fit and proper di DPR, kita harapkan hasil yang baik,” tutur Menkeu.

Ia juga menegaskan tidak ragu menjalani uji kelayakan dan kepatutan. “Tapi sekarang mendapatkan kepercayaan untuk jadi Gubernur BI tentu akan saya jalankan sebaik-baiknya, selebihnya merupakan kewenangan DPR untuk menyetujui atau tidak menyetujui,” katanya.

Ketika ditanya kebijakannya ke depan jika terpilih nanti, Menkeu mengatakan secara umum dia akan melanjutkan apa yang sudah baik. Namun, kata Menkeu, yang utama adalah pengendalian inflasi dan terus menjaga kesehatan moneter.

“Adapun (kebijakan) yang lain adalah mempersiapkan pengalihan fungsi pengawasan, bank komersial ke OJK, meyakinkan peran otoritas moneter Indonesia di forum internasional, meyakini bahwa sistem pembayaran nasional itu bisa efisien dan efektif, dan juga melanjutkan reform yang selama ini dijalankan di BI,” pungkas Menkeu. Sebagai informasi, Gubernur Bank Indonesia Darmin Nasution yang dilantik pada 2009 akan menyelesaikan masa tugasnya pada 22 Mei 2013. (nic)