Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Menkeu : Anggaran Kita dalam Keadaan Baik

Menkeu


Menkeu : Anggaran Kita dalam Keadaan Baik

 

Jakarta, 14/06/2010 MoF (Fiscal) News - Menteri Keuangan Agus Martowardojo menyatakan, saat ini anggaran Indonesia dalam keadaan baik. “Kita harapkan akan ada progress, jadi yang mau saya katakan, anggaran kita dalam keadaan baik,” ujar Menkeu saat ditemui di Gedung Djuanda I, Kementerian Keuangan, Jakarta, Senin (14/06).

Soal pengetatan anggaran terkait krisis Eropa, Menkeu menyatakan bahwa saat ini pemerintah masih menggunakan data defisit tahun 2010 dan belum melakukan pengetatan, sehingga menurutnya tidak akan ada kekhawatiran. “Sekarang ini kita masih pada skenario bahwa kita punya anggaran tahun 2011 defisit 1,7, kemudian kita punya APBN (Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara) tahun 2010 kan devisit 2,1, tetapi kita rasa namanya pengeluaran juga akan sedikit pelan, sedangkan penerimaan negara karena impor yang meningkat tinggi, saya rasa akan ada penerimaan negara yang cukup baik. karena ada bea masuk yang cukup baik. Jadi, kita tidak terlalu khawatir dengan anggaran kita 2010,” jelasnya.

Menkeu menjelaskan, pengeluaran anggaran akan terjadi secara perlahan, karena masih perlu penyesuaian terhadap pemerintahan baru. “Karena secara umum kita ingin upaya itu supaya bisa cepat, tapi  yang terjadi adalah bahwa ini kan pemerintahan sebetulnya baru, jadi pasti masih ada pemegang kewenangan anggaran yang masih perlu penyesuaian dini dan sebagainya,”  pungkasnya.(sel)