Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Menkeu Apresiasi Data Indonesia Economic Quarterly Report World Bank

Jakarta, 12/12/19 Kemenkeu - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani menyebut bahwa sumber daya manusia (SDM) adalah aset yang penting. Tantangannya adalah bagaimana mengembangkan dan meningkatkan kualitas SDM di Indonesia, terutama dengan bonus demografi muda pada tahun 2030 nanti.
 
"Pembangunan sumber daya manusia menjadi urutan pertama dari lima prioritas pembangunan masa Pemerintahan Presiden Jokowi periode ke-2 ini," kata Menkeu pada acara The Launch Event of the World Bank's Indonesia Economic Quarterly Report dengan tema "Investing People: Sosial Protection for Indonesia's 2045 Vision", Rabu (11/12) di Soehana Hall, Jakarta. 
 
Menkeu mengapresiasi World Bank karena telah memasukkan isu jaring pengaman sosial dan kesehatan dalam salah satu bahan laporan 'The World Bank's Indonesia Economic Quarterly Report'.
 
"Ini akan menjadi masukan yang bagus untuk jajaran kabinet pemerintahan dan (laporan ini) juga memberikan gambaran bagaimana desain jaring pengaman sosial di beberapa negara sebagai bagian dari pengelolaan sumberdaya manusia," kata Menkeu. 
 
Lebih lanjut, kementerian-kementerian yang terkait dalam pengembangan SDM diantaranya adalah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Kementerian Sosial (Kemenkes), Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker), Kementerian Keuangan (Kemenkeu) dan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Kementerian-kementerian tersebut mendapatkan tugas dari Presiden untuk memastikan jaring pengaman sosial di masyarakat, penyediaan kualitas pendidikan yang baik, dan penyediaan fasilitas kesehatan memadai. (nug/hpy/nr)