Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Menkeu Apresiasi Efisiensi Anggaran Proyek LRT di Palembang

Palembang, 26/05/17 Kemenkeu - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengapresiasi kerja Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi yang melakukan efisiensi terhadap biaya pembangunan Light Rail Transit (LRT) di Palembang. Ini disampaikannya saat kunjungan kerja tiga menteri, bersama Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono di Palembang pada Rabu (24/05).


"Terima kasih kepada Pak Menhub yang telah melakukan review terhadap anggaran LRT yang semula sebesar lebih dari Rp12 triliun menjadi Rp10,9 triliun. Dengan jarak sekitar 24 kilometer dan 13 stasiun yang akan dibangun, LRT dapat membuat Kota Palembang semakin bergairah dari sisi ekonominya. Namun yang paling penting adalah kita dapat membangun proyek dengan efisiensi serta dengan kualitas baik dan dapat menciptakan kesempatan kerja kepada masyarakat," jelasnya.


Di kesempatan yang sama, Menhub juga menyampaikan bahwa pembangunan LRT ini diharapkan untuk mendukung berkembangnya infrastruktur daerah-daerah di luar Jawa. "Saya akan tunjukkan kepada Ibu Menteri, inilah yang dikerjakan. Walaupun banyak anggaran yang dibutuhkan namun teraplikasi dan bisa membangun daerah-daerah di luar Jawa, serta kita dapat buktikan bahwa kita dapat membangun dengan baik serta dikelola dengan baik dan dikerjakan oleh kontraktor dalam negeri," tegas Menhub.


Sebagai informasi, proyek LRT Palembang telah ditinjau oleh Komisi Keamanan Jembatan Panjang dan Terowongan Jalan. Pembangunan proyek ini diatur dalam Perpres Nomor 116 Tahun 2015 tentang Percepatan Penyelenggaraan Kereta Api Ringan/Light Rail Transit di Provinsi Sumatera Selatan. Sampai saat ini, pengerjaan fisik prasarana sudah mencapai 42,68 persen dan di akhir tahun harus mencapai target sebesar 85 persen. Proyek ini ditargetkan selesai Juni tahun 2018. (ip/as)