Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Menkeu Apresiasi Penghargaan Kinerja Pegawai Pajak

Jakarta, 22/08/2019 Kemenkeu - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengapresiasi Direktorat Jenderal Pajak (DJP) yang secara rutin melaksanakan Program Penghargaan Kinerja Pegawai (PKP) di lingkungan DJP yang pada tahun 2019 ini diselenggarakan untuk yang ke-9 kalinya. Selain sebagai wujud penghargaan yang diberikan DJP kepada pegawai berkinerja terbaik, ini merupakan salah satu cara organisasi untuk mewujudkan SDM unggul bagi DJP di masa mendatang. 

"Ini adalah suatu komitmen dari Direktorat Jenderal Pajak untuk terus-menerus mencari talenta dan memberikan recognition atau dalam hal ini menemukan, mengenali dan bahkan memberi penghargaan kepada jajarannya dalam rangka untuk bisa memberikan contoh nyata apabila memiliki prestasi," ungkap Menkeu dalam acara Penganugerahan Penghargaan Kinerja DJP Tahun 2019 di Aula Cakti Buddhi Bhakti (CBB) Gedung Mar'ie Muhammad Kantor Pusat DJP Jakarta pada Rabu (21/08).

Menkeu sangat bangga dengan pencapaian para pegawai yang meraih penghargaan yang menyikapi suatu pekerjaan, cara bekerja, bagaimana menjalankan tugas kewajiban itu bisa dilakukan dengan cara yang berbeda. Oleh sebab itu, Menkeu berpesan kepada organisasi agar memberikan apresiasi dan kesempatan karir yang baik kepada pegawai yang berprestasi.

Menkeu meminta organisasi untuk jeli memetakan fungsi pemberdayaan pencapaian dan pengembangan potensi Sumber Daya Manusia (SDM) di lingkungan Kementerian Keuangan. Menurutnya, organisasi yang baik adalah organisasi yang bisa membuat SDM-nya meraih pencapaian dan potensi yang tertinggi sekaligus membuat organisasinya sehat dan mencapai visi-misinya.

Menurut Menkeu, akan selalu ada alasan bagi tiap orang untuk tidak memberikan kinerja yang terbaik. Oleh karena itu, Menkeu sangat kagum atas prestasi para pegawai ini. Bagi Menkeu, para pemenang adalah orang-orang yang memiliki loyalitas dan dedikasi tinggi terhadap pekerjaan mereka. Tidak memperhatikan jenis dan fungsi pekerjaan, mereka mampu memberikan kinerja lebih.

"Selamat kepada Anda dengan menyampaikan rasa bangga saya kepada seluruh jajaran Direktorat Jenderal Pajak yang terus-menerus berusaha dengan tekun menjalankan tugasnya dengan dedikasi yang tinggi, dengan pengabdian yang tinggi, loyalitas yang tinggi, kecintaan kepada Republik Indonesia yang Anda lakukan adalah bagian dari ibadah di dunia dan merupakan bekal Anda di akhirat. Oleh karena itu, saya ingin supaya menghargai dan ini dijadikan modal semangat untuk kita terus-menerus tidak pernah lelah mencintai Republik Indonesia dengan memberikan yang terbaik," pungkas Menkeu.  

Sebagai informasi, Program PKP yang telah diselenggarakan selama sembilan tahun melombakan delapan kategori jabatan, yaitu Pejabat Eselon IV, Fungsional Pemeriksa Pajak, Fungsional Penilai Pajak, Penelaah Keberatan, Account Representative,  Juru Sita Pajak, Petugas Loket TPT, dan pelaksana. (ip/hpy/nr)