Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Menkeu Bahas Penghapusan Utang Lima PDAM

 

Jakarta, 10/04/2013 MoF (Fiscal) News - Menteri Keuangan (Menkeu) Agus D.W. Martowardojo beserta jajarannya menghadiri rapat kerja dengan Badan Anggaran (banggar) Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) pada Selasa (9/4) petang untuk melakukan pembahasan rencana permohonan penetapan penghapusan utang secara bersyarat pada 5 Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM), pembahasan usul penggunaan dana penanggulangan bencana tahun 2013, dan siklus pembahasan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

 

Menkeu hadir didampingi oleh Direktur Jenderal (Dirjen) Perbendaharaan Agus Suprijanto dan Dirjen Anggaran Herry Poernomo. Pada kesempatan tersebut Menkeu mengatakan, penghapusan utang terhadap kelima PDAM tersebut hanya dilakukan pada jenis utang nonpokok. "Sedangkan jenis utang pokok akan dilakukan penjadwalan ulang," kata Menkeu. Penghapusan utang nonpokok terhadap kelima PDAM tersebut meliputi PDAM Kota Semarang,  Kabupaten Tangerang, Kota Bandung, Palembang, dan Makassar.

 

Lebih jauh Menkeu memaparkan, penghapusan utang untuk PDAM Kota Semarang dilakukan dengan nilai tunggakan utang nonpokok sebesar Rp238,1 miliar. Sementara, untuk  PDAM Kabupaten Tangerang sebesar Rp272,5 miliar, PDAM Kota Bandung sebesar Rp253,7 miliar, Kota Palembang Rp160,1miliar, dan Kota Makassar dengan penghapusan utang nonpokok sebesar 121,3 miliar.(ak)