Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Menkeu: Balance of Payment Indonesia dalam Kondisi Baik

 

Jakarta, 13/10/2010 MoF (Fiscal) News - Menteri Keuangan Agus Martowardojo menyatakan, Balance of Payment (neraca pembayaran) Indonesia dalam keadaan baik. Hal ini disampaikan Menkeu saat ditemui di Aula Gedung Djuanda I Kementerian Keuangan, Jakarta pada Selasa (12/10).

Menkeu yakin, jika terdapat dana asing yang masuk ke Indonesia akan berada pada posisi yang aman. “Sekarang ini kita meyakini bahwa balance of payment kita itu sehat, perbankan kita itu sehat dan juga kita punya kebijakan fiskal yang baik, dan posisi kompetitif Indonesia itu semakin baik,” ujar Menkeu yang baru tiba dari Pertemuan dengan World Bank dan IMF di Wahington DC.

Menkeu menegaskan, daftar utama kondisi perekonomian Indonesia tersebut dapat menjadi jaminan keamanan dana asing yang masuk (capital inflow).  “Itu adalah daftar-daftar utama untuk kita meyakini bahwa kalau ada dana masuk ke Indonesia, itu tetap dalam posisi yang aman dan baik,” tegasnya.

 

Pemerintah berupaya menjaga balance of payment agar tetap baik dan stabil. “Dengan kondisi ekonomi Amerika dan Eropa yang masih belum pulih dari krisis, pemerintah tetap menjaga perekonomiannya dengan memahami kondisi global,” ujarnya. “memahami kondisi di global adalah cara terbaik,” pungkasnya.(sel)