Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Menkeu Bangga dengan Semangat Generasi Muda Mengenal APBN

Jakarta, 27/10/2020 Kemenkeu - Olimpiade APBN Tahun 2020 Kementerian Keuangan (Kemenkeu) dilaksanakan untuk memperingati Hari Oeang Republik Indonesia. Tema dalam peringatan ke-74 dan dalam suasana pandemi adalah peduli, responsif, adaptif atasi pandemi dan bangkitkan ekonomi. Olimpiade ini merupakan salah satu upaya untuk terus melakukan edukasi APBN dan tahun ini juga dilakukan lomba debat di tingkat perguruan tinggi dan politeknik mengenai APBN. 

Hal tersebut disampaikan Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati dalam sambutannya ketika menutup Final Olimpiade APBN 2020 tingkat SMA/MA/ sederajat dalam rangkaian kegiatan peringatan Hari Oeang Republik Indonesia ke-74 secara video conference pada Selasa (27/10).

Menkeu berharap dari rangkaian Olimpiade APBN, selain pengetahuan para finalis luar biasa mengenai APBN, namun seluruh masyarakat Indonesia juga dapat mengetahui mengenai APBN karena akan peduli dan akan ikut terus menjaganya kemudian manfaatnya betul-betul terasa oleh masyarakat-

“Masyarakat juga tahu bagaimana kita mengumpulkan uang dari pajak, dan retribusi, dari berbagai macam penerimaan negara bukan pajak dan bea dan cukai. Semuanya itu berkontribusi untuk bisa mendanai belanja negara baik itu belanja yang langsung dinikmati masyarakat maupun belanja yang merupakan transfer ke daerah. Kepedulian-kepedulian dan pemahaman ini akan sangat sangat membantu kita semuanya dalam terus menjaga Republik Indonesia hari ini dan ke depan,” jelasnya. 

Menkeu mengapresiasi seluruh para pejabat dan staf Kementerian Keuangan serta mahasiswa PKN STAN yang terus berkolaborasi dalam menyelenggarakan Olimpiade APBN. Menkeu juga menginginkan untuk para peserta generasi muda yang sudah mencapai tingkat prestasi di tingkat nasional ini untuk tetap menjaga semangat dan dapat menjadi juru bicara yang luar biasa di tingkat nasional mengenai APBN Kita. 

undefined

“Saya berharap generasi muda yang seperti kalian-kalian inilah yang akan menjadi contoh bagi generasi muda yang lain karena dari sikap kalian ini menggambarkan Indonesia masa depan yang luar biasa, jauh lebih baik, lebih maju dan memiliki kapasitas yang luar biasa. APBN adalah uang kita semuanya, bukannya uangnya presiden, bukan uang Menteri Keuangan, tapi ini adalah uang rakyat, uang kita bersama. Jadi, kalian sebagai generasi penerus memang patut untuk tahu, memahami dan kemudian ikut menjaga dan memperkuatnya sehingga kita akan menjadi negara yang makin maju, negara yang makin akuntabel, negara yang makin transparan, negara yang diurus dengan amanah dan keikhlasan yang baik, untuk betul-betul kemajuan dan kemaslahatan umat manusia dan bangsa Indonesia,” pungkas Menkeu.

Sebagai informasi, Olimpiade APBN 2020 diikuti sekitar 3.324 tim dari seluruh propinsi di Indonesia yang dibagi menjadi 4 region dan bahkan diikuti pula tim sekolah Indonesia di luar negeri, 4 tim dari Jeddah, 1 dari Madinah dan 1 dari Mekkah dan menjalani tiga tahapan seleksi sehingga terpilihlah perwakilan dari masing-masing region yaitu Regional 1 SMA 6 Palembang, Regional 2 SMAN 1 Sleman, Regional 3 SMKN 1 Banjarmasin dan Regional 4 SMAN 1 Manokwari dengan hasil juara 3 SMKN 1 Banjarmasin dan SMAN 1 Manokwari dengan nilai yang sama 200, juara 2 SMA 6 Palembang dengan skor 225 dan juara 1 SMAN 1 Sleman dengan skor 240. (ip/hpy/nr)