Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Menkeu Berharap DIPI Bisa Menarik Ilmuwan Indonesia di Seluruh Dunia

Jakarta, 31/03/2016 Kemenkeu - Menteri Keuangan Bambang P.S. Brodjonegoro berharap dengan adanya Dana Ilmu Pengetahuan Indonesia (DIPI), dapat menarik para ilmuwan Indonesia yang tersebar di seluruh dunia, agar dapat memberikan kontribusi ilmiahnya. “Kami percaya ini dapat menjadi terobosan tidak hanya untuk tingkatkan kualitas riset, tapi juga menjadi sarana meningkatkan reward bagi pada ilmuwan,” kata Menkeu saat peluncuran Indonesia Science Fund/DIPI di Aula Djuanda I Kementerian Keuangan, Jakarta pada Rabu (30/03).

Menkeu mengakui bahwa saat ini, riset di Indonesia sebagian besar masih berasal dari pemerintah. Hal ini juga menjadi persoalan yang harus dihadapi periset, dimana dana yang ada masih relatif kecil dan dengan mekanisme yang rumit karena mengikuti siklus APBN. “Ini membutuhkan terobosan agar dana riset meningkat jumlahnya dan mekanismenya lebih fleksibel,” tambahnya.

Oleh karena itu, ia juga mengajak sektor swasta untuk dapat terlibat dalam pendanaan riset di Indonesia. “Karena di negara maju, kontribusi swasta dan Perguruan Tinggi jauh lebih besar. Pemerintah juga mengimbau agar sektor swasta dapat meningkatkan peran dan kontribusinya dalam pendanaan riset di Indonesia,” ungkapnya. Pemerintah, menurut Menkeu, siap untuk memberikan dukungan terkait riset melalui dukungan fiskal, seperti insentif perpajakan. (as)