Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Menkeu Berharap Kinerja BLU Dapat Terus Meningkat

Jakarta, 22/11/2016 Kemenkeu - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menghadiri Rapat Kerja Nasional Badan Layanan Umum (Rakornas BLU) tahun 2016 di Istana Negara, Selasa (22/11). Acara yang dibuka oleh Presiden Joko Widodo ini bertemakan “Satu Dekade BLU menju pelayanan publik yang lebih baik”. Pengelolaan keuangan BLU merupakan salah satu bentuk reformasi dari manajemen pengelolaan keuangan negara pada instansi pemerintah.


Menurut Menkeu, BLU ditujukan untuk memberi layanan kepada masyarakat dengan cara menciptakan suatu proses praktek bisnis yang sehat. “Jadi seharusnya diharapkan dengan adanya BLU bisa dilaksanakan suatu praktek bisnis yang sehat dan juga adanya suatu fleksibilitas, namun juga harus dengan tujuan yang sangat jelas yaitu meningkatkan kinerja dari BLU di dalam melayani masyarakat, jadi orientasinya adalah kinerja dengan tata kelola yang baik,” kata Menkeu.


Saat ini, BLU didominasi oleh pelayanan kesehatan dan pendidikan, dan institusi ini sangat penting bagi pelayanan publik untuk pengentasan kemiskinan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat. Menkeu berharap, BLU dapat berorientasi pada kinerja untuk memastikan pelayanan publik yang baik serta akuntabilitas bagi peran pemerintah di tengah masyarakat. “Keberhasilannya tidak hanya diukur dari profit, namun terlebih kepada kinerjanya,” tambah Menkeu.


Pada kesempatan ini, dilakukan penyerahan Surat Keputusan Menteri Keuangan tentang penetapan BLU kepada 4 Kementerian/Lembaga diantaranya Kementerian Pertahanan, Kementerian Perhubungan, Kementerian Kelautan dan Perikanan serta POLRI.


Menkeu berharap rakor ini dapat memunculkan koordinasi yang efektif dan efisien antara berbagai stakeholder BLU, serta kesadaran bagi BLU untuk terus memperbaiki tata kelola keuangannya, dan meningkatkan standar pelayanan yang terbaik dan profesional. (as)