Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Menkeu Berharap Pimpinan BUMN dapat Jadi Pembimbing bagi Bawahannya

Jakarta, 26/01/2017 Kemenkeu - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menjadi salah satu pembicara pada acara BUMN Executive Leadership Program (ELP), di Ballroom Pertamina Jakarta pada Rabu (25/01). Menkeu memaparkan materi tentang Perkembangan Ekonomi dan Kebijakan Fiskal Indonesia. Ia menjelaskan bahwa dalam mengelola APBN tidak hanya sebagai instrumen  yang sifatnya hanya selesai tahunan. Namun, APBN harus dijaga agar dapat menjadi instrumen yang tetap efektif, kredibel dan berkelanjutan.
Selain itu, sebagai salah satu penyumbang penerimaan negara melalui Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP), BUMN diharapkan dapat menunjukkan peningkatan kinerja dalam beberapa tahun ke depan. Salah satunya karena Penyertaan Modal Negara yang telah dilakukan tahun 2015 dan 2016 diharapkan dapat meningkatkan kinerja BUMN.
Di acara yang dihadiri oleh para direksi BUMN tersebut, Menkeu berharap pimpinan BUMN tidak hanya menjadi role model, tapi juga menjadi pembimbing (coach) bagi stakeholders dan karyawan. “Untuk menjadi company yang baik, is a function bagi anda semua memiliki leadership dan komitmen yang sama, bikin ikrar bukan hanya integrity, tapi juga kontrak kinerja yang jelas untuk mendisiplinkan,” tegas Menkeu.
Mengakhiri paparannya, Menkeu berpesan agar semua berkomitmen untuk menjalankan tugasnya dengan bersih. "I want you all to be clear tidak ada agenda lain selain kita ingin BUMN itu menjadi baik, kalau ada yang jelek, I think it is about your performance,” ungkapnya. (ath/as)