Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Menkeu Beri Kuliah Umum di FEB UI

Jakarta, 17/04/2017 Kemenkeu - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati memberikan kuliah umum di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia Depok, Sabtu (15/04). Menkeu menyampaikan materi mengenai kebijakan ekonomi Indonesia terutama di bidang fiskal. Dalam mengelola APBN, ada dua hal penting yaitu penerimaan dan belanja.


Menurut Menkeu, penerimaan merupakan estimasi dari proyeksi, sementara belanja negara adalah sebuah komitmen. Oleh karena itu, penerimaan pajak harus dapat sesuai dengan target, karena setiap kegiatan yang dilakukan terikat dengan sebuah kontrak yang tekah disepakati bersama. “Kita tidak bisa membatalkan sebuah kontrak yang telah disepakati bersama atau menunda sebuah pembangunan dengan alasan dananya belum ada,” jelas Menkeu. Namun, kegiatan pengumpulan pajak harus dilakukan tanpa menimbulkan intimidasi kepada wajib pajak.


Menkeu juga mengingatkan kepada setiap wajib pajak dan para mahasiswa yang kelak menjadi wajib pajak untuk menjadi warga negara yang baik yaitu dengan menjadi pembayar pajak yang baik. “Di manapun kalian bekerja nantinya, apapun posisi kalian di masa yang akan datang, jadilah good citizen dan jadilah contoh yang baik di dunia kerja. Bukan karena Bu Sri Mulyani yang minta atau karena almamater UI, because it is coming from your heart,” pesan Menkeu. (eko/as)