Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Menkeu Berkomitmen Capai Pertumbuhan Ekonomi 2012

Jakarta, 26/10/2011 MoF (Fiscal) News - Menteri Keuangan Agus D.W. Martowardojo berkomitmen untuk dapat mencapai pertumbuhan ekonomi tahun 2012, yang telah disepakati bersama DPR sebesar 6,7 persen dalam Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara 2012. Demikian disampaikan Menkeu saat ditemui di Hotel Borobudur, Jakarta pada rabu (26/10).
 

Menkeu memandang, krisis yang terjadi di Eropa saat ini belum mengkhawatirkan Indonesia. "Pada saat krisis global itu pun dibulan Juli-Agustus, kita belum lihat bahwa di Eropa begitu serius. Untuk tahun 2012, kita berkomitmen untuk mencapai itu (pertumbuhan ekonomi)," ujar Menkeu. Namun, lanjut Menkeu, pemerintah akan tetap waspada apabila dampak dari krisis global sampai ke Indonesia lebih cepat. "Tentu kita akan melakukan APBNP, tetap kita bersiaga meyakini ada stimulus-stimulus yang akan kita upayakan," tambahnya.

Menurut Menkeu, yang paling utama dalam menghadapi situasi sekarang ini adalah soal percepatan belanja negara dan penguatan ekonomi domestik. "Ini yang kita lihat suatu pola yang tetap masih relevan dan kita jalankan ditahun 2009," tutur Menkeu. Ia mengatakan, apabila saat ini Cina dan India terdapat koreksi pertumbuhan ekonomi karena krisis global, Indonesia diperkirakan akan terkena dampak pada putaran kedua. "Karena putaran pertama akan ada di Cina dan India. Dan Indonesia baru yang kedua," tukasnya.

Sementara itu, Menkeu mengemukakan, pemerintah akan terus memantau dari sisi minat investasi di Indonesia. "Kita lihat minat investasi di Indonesia. Baik itu investasi portofolio maupun investasi SBI, itu menunjukkan tren yang baik. Oleh karena itu, pemerintah dengan upaya mulai dari menciptakan iklim investasi yang lebih baik, memberikan fiskal intensif yang baik dan mempersiapkan infrastruktur PPP (Public Private Partnership) yang lebih baik," pungkas Menkeu.
(sgd)