Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Menkeu Bersyukur Inflasi Agustus di bawah Proyeksi Pemerintah

Jakarta, 03/09/2013 MoF (Fiscal) News - Menteri Keuangan M. Chatib Basri mengaku bersyukur inflasi pada bulan Agustus sebesar 1,12 persen di bawah ekspektasi pemerintah sebesar 1,27 persen. "Alhamdulillah, kita perkirakan 1,27 persen berarti inflasinya lebih rendah dari perkiraan kita. Dari pengamat semuanya, di atas 1 persen, itu berarti expected, karena kita khawatir itu jika di atas 1,3 persen," ujar Menkeu di Gedung DPR, Senin (2/9).

Menkeu mengatakan, mulai meredanya inflasi saat ini merupakan suatu tanda bahwa ke depannya laju inflasi sudah kembali pada jalurnya. Sehingga diharapkan hingga akhir tahun dapat sesuai proyeksi pemerintah sebesar 9,2 persen.

"Kalau lihat trennya begini saya percaya September sudah akan balik ke normal. Juli kan 3,3 persen, sekarang 1,1 persen, ya september sudah di bawah 1 persen dan kembali ke normal," tambahnya. Dirinya meyakini paket kebijakan yang dikeluarkan pemerintah nantinya juga akan berperan dalam menekan inflasi. Khususnya pada akhir tahun ini.

"Lebih baik ditaruh 9,2 persen dulu deh, jangan cepat-cepat girang. Yang mesti dijaga ini adalah imported inflation yang rupiah melemah, karena itu akan sangat ditolong dengan penghapusan kuota," ungkapnya. (rja)